Simulasi Komputer After UTS #1

27 May

Halo teman -teman 😀 disini kita akan belajar sedikit mengenai simulasi komputer nah saatnya

Untuk menyusun simulasi ada tahapan yang harus dilakukan. Kemudian dalam proses/aktivitas pastinya ada Input-Process-Output yang berkaitan. Awalnya proses yang harus dilakukan adalah Model Building. Gambar  berikut adalah tahap-tahap yang saling berhubungan untuk membangun suatu simulasi.

1

  1. Model Building . merupakan proses yang pertama dilakukan untuk membangun suatu model yang sesuai dengan model konseptual yang nantinya berdasarkan konsep atau system real yang ada, kemudian dianalisis masalah yang ada dengan membuat model terhadap simulasi yang kita harapkan agar nanti kita tahu titik permasalahn itu letaknya dimana. Nah mungkin teman-teman kalau masih bingung, bisa download disini  tentang model building selengkapnya.
  2. Verifikasi dan Validasi Model. Verifikasi model merupakan proses penentuan apakah moel simulasi dapat merefleksikan model konseptual dengan tepat. Sedangkan validasi model adalah proses menentukan apakah model konseptual merefleksikan system nyata dengan tepat
  3. Analisis Output dari Simulasi. Nah ada beberapa alasan kenapa analisis data output belum dilakukan dengan benar yaitu output proses semua simulasi yang tidak nyata bersifat dinamis dan otokorelasi
  4. Comparing System. Ada 2 jenis cara yaitu compare dengan dua system yaitu menggunakan weich confidence interval dan paired T-confidence interval sedangkan bila lebih dari dua system menggunakan the bonferroni approach dan advanced statistical model.
  5. Optimasi dari Simulasi. Nah, kenapa sih kita harus melakukan optimasi ?karena output yang dihasilkan walaupun sudah sesuai tujuan tapi belum tentu maksimal bahkan optimal. Contohnya pabrik helm sudah berhasil memperoleh keuntungan tetapi masih ada biaya perawatan mesin yang harus ditanggulangi. Jadi tujuan optimasi disini adalah pencapaian tujuan optimal dari output yang benar benar sudah bebas dari beban resiko yang lain. Maka optimalisasi harus dilakukan, karena menurut saya selagi masih ada permasalahan di dalam output maka harus diminimalkan bahkan dihilangkan agar outputnya sesuai tujuan.

Leave a comment